A. AKU PASTI BISA "Mencapai Kebahagiaan Dunia & Akhirat"
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 2 Days Work Shop / 24 Hours Effective.
- All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down).
Sasaran Training :
- Memiliki kemampuan mendengar yang Emphatic.
- Belajar focus dalam memperhatikan orang lain ketika berkomunikasi.
- Membangun rasa percaya diri yang “sesungguhnya” sehingga memiliki mental “seteguh batu karang”, siap menghadapi segala tantangan hidup dengan tetap berada dalam jalur kehidupan yang “benar” sehingga bisa mencapai sasaran hidup yang sesunggunya yaitu “Bahagia Dunia dan Akhirat”.
- Membangun cara berpikir positif dan rasa percaya diri dengan melihat kesuksesan yang pernah diraih.
- Membangun keyakinan bahwa semua kunci kesuksesan ada didalam diri sendiri.
- Membangun keinginan yang tinggi untuk selalu melakukan yang terbaik untuk segala aspek kehidupan (High Achiever).
- Melatih Kecerdasan Emosi & Kecerdasan Spiritual (ESQ).
- Mampu mengoptimalkan pengunaan bahasa tubuh & intonasi suara dalam efektifitas berkomunikasi.
- Mampu berkomunikasi secara tepat walaupun dalam kondisi / situasi yang terdesak.
- Mengerti hambatan-hambatan yang mungkin terjadi dalam berkomunikasi dan mampu mengenali serta memiliki kemampuan untuk mengatasinya.
- Memahami dan mempelajari prinsip-prinsip hubungan antar manusia.
- Muncul komitment yang tinggi untuk membangun dan meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama.
Materi Training :
- Ground Role + Ice breaking • Experiential Learning Concept.
- Kontrak Belajar.
- Cara Berkenalan.
- Sikap Positif Menghasilkan Percaya Diri.
- Anda Adalah Pribadi Sukses Dan Berhasil.
- Kecerdasan Emosi (EQ/EI).
- Intonasi Suara & Bahasa Tubuh.
- Komunikasi Spontan.
- Komunikasi Efektif.
- Hubungan Antar Manusia.
B. Strive For Excellence (7 Habits of Highly Effective People)
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 3 Days Work Shop / 24 Hours Effective.
- All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down).
Sasaran Training :
- Membangun Culture Building yang kuat di Perusahaan.
- Memahami cara menjadi pribadi yang Highly Effective.
- Mampu menjadi seorang Leader yang kompeten.
- Bisa menerapkan nilai-nilai Strive for Excellence.
- Menjadi Manusia yang berpikir Positif.
- Mampu Membangun dan Mengembangkan Sikap Mental Positif & Produktif.
- Memiliki Misi Pribadi yang jelas.
- Memiliki Integritas terhadap Pribadi dan Perusahaan.
- Dapat bekerja secara team/ Teamwork. • Mampu berkomunikasi/ berhubungan dengan orang lain secara lebih baik.
- Paradigm, Etika Kerja Produktif , Effectiveness, Emotional Bank Account.
- Jadilah Proaktif (Be Proactive).
- Mulailah dengan Sasaran (Begin With the End in Mind).
- Mission Statement Workshop.
- Dahulukan yang Harus Didahulukan/ Prioritas (Put First Things First).
- Berpikir Menang-Menang (Think Win-Win).
- Berusaha untuk Mengerti lebih Dahulu Baru Minta Dimengerti (Seek First to Understand then to be Understood)/ Communication.
- Heart to Heart & Wujudkan Sinergi (Synergize).
- Asahlah Gergaji (Sharpen the Saw).
- Mission Statement Sharing.
C. Effective Supervisory
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 3 Days Work Shop / 24 Hours Effective.
- Supervisor
Sasaran Training :
- Mendapatkan umpan balik yg konstruktif dari atasan, rekan, dan anak buahnya terhadap gaya kepemimpinannya.
- Mengalami perubahan paradigma atau cara pandang terhadap dirinya dan terhadap dunia luar sebagai seorang pemimpin.
- Memahami cara memimpin beragam tipe anak buah.
- Mampu memberikan umpan balik yg konstruktif kepada anak buahnya.
- Memiliki inisiatif atau ide awal dalam menciptakan lingkungan yg memotivasi anak buah dengan tipe tertentu.
- Tantangan bisnis supervisor.
- Karakteristik dasar pemimpin.
- Peningkatan kinerja dan pengembangan kompetensi.
- Memimpin tim yg efektif.
- Situasional Leadership.
- Memahami dan mengatasi resistensi.
- Mentoring, coaching & counseling.
- Analisa problem manusia.
- Pembahasan LUB.
D. Man Management
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 4 Days Work Shop / 32 Hours Effective.
- Minimal Level Manager (Memiliki minimal 3 anak buah secara langsung dan telah bekerja dengan peserta minimal 6 bulan)
Sasaran Training :
- Menumbuhkan kesadaran dan sikap mental tentang gaya Man Management.
- Memahami perlunya membangun komitmen pada fase PLAN.
- Memahami perlunya menjalankan mekanisme komunikasi serta arahan & bimbingan pada fase DO untuk menghindari penyimpangan yang semakin besar dari target.
- Memahami perlunya celebration untuk membangun motivasi pada fase CHECK.
- Memahami perlunya partisipasi dalam memecahkan masalahsecara bersama dalam fase ACTION.
- Membangun team yang solid dalam fase TEAM BUILDING.
Materi Training :
- Intoduction to Man Management.
- Case Study & Lembar Umpan Balik (LUB).
- Fase : PLAN. LUB & analisa.
- Fase : DO , materi & Role Play.
- Fase : CHECK, LUB & analisa.
- Fase : ACTION, materi & diskusi.
- Fase : ACTION, LUB dan analisa.
- Fase : TEAM BUILDING, materi, LUB, & analisa.
- Total Analysis.
- Know Your Self.
E. Feedback, Coaching, & Counseling
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 1 Days Work Shop / 8 Hours Effective.
- Memiliki anak buah secara langsung
Sasaran Training :
- Memiliki pemahaman yang benar tentang sistem manajemen kinerja yang berlaku di perusahaan.
- Peserta mengetahui teknik feedback, coaching & counseling.
- Peserta mampu menggunakan teknik feedback, coaching & counseling dengan efektif.
- Peserta mampu menempatkan coachee sesuai dengan teknik yang benar.
- Peserta mampu mengenali tingkat kematangan kompetensi anggota tim / bawahan dalam melakukan pekerjaan.
- Peserta mampu memberikan feedback, coaching & counseling yang tepat sesuai dengan tingkat kematangan kompetensi anggota tim / bawahan.
- Peserta mampu mengenali gaya komunikasi anggota tim / bawahan.
- Peserta mampu memberikan feedback, coaching & counseling yang tepat sesuai dengan gaya komunikasi anggota tim / bawahan.
Materi Training :
- Ground Role + Ice breaking.
- Sistem manajemen kinerja perusahaan.
- Peran & Tanggung Jawab atasan.
- Apakah coaching itu ?.
- Kapan coaching diberikan.
- Tahapan-tahapan coaching.
- Apakah Feedback itu ?
- Apakah counseling itu ?
- Kapan counseling diberikan.
- Tahapan-tahapan counseling.
- Situational Leadership.
- Memahami gaya komunikasi bawahan dengan metoda V-A-K.
F. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal & Motivasi Berprestasi
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 1 Days Work Shop / 8 Hours Effective.
- All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down)
Sasaran Training :
- Peserta dapat lebih mengenal diri sendiri.
- Peserta dapat lebih mengenal dan memahami orang lain.
- Peserta lebih mampu mengekspresikan diri.
- Peserta lebih mampu menegaskan kebutuhan.
- Peserta lebih mampu memberikan dan menerima masukan.
- Peserta lebih mampu mendengarkan pembicaraan dengan orang lain.
- Peserta mengetahui motif-motif yang melatarbelakangi munculnya perilaku manusia.
- Peserta mendapatkan feedback motif apa yang dominan di dalam dirinya.
- Peserta mendapatkan feedback motif yang dominan yang melatarbelakangi perilakunya selama ini.
- Peserta mengerti bagaimana cari meningkatkan motif yang masih kurang & menekan motif yang terlalu berlebihan sehingga hidupnya bisa lebih berprestasi serta tetap diterima secara menyenangkan oleh orang-orang sekitarnya.
Materi Training :
- Ground Role + Ice breaking + questioner.
- Keterampilan Intrapersonal.
- Mengenal diri sendiri.
- Joharry Window.
- Assertiveness.
- Menerima & memberi feedback.
- Mendengarkan secara Effective.
- Pembahasan hasil questioner.
- Ice breaking + questioner motivasi.
- Game Motivasi.
- Hierarchy Need A. Maslow.
- Social Motive dari Mc. Cleland.
- Pembahasan hasil questioner & game motivasi.
- Meningkatkan Motivasi Berprestasi.
G. People Management Development Program "PMDP"
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 2 Days Work Shop / 22 Hours Effective.
- Supervisor, Team Leader, Coordinator, & Manager.
Sasaran Training :
- Agar Leader mengenali perannya sebagai Linking-Pin dan apa saja tugas-tugas utamanya sebagai seorang Leader.
- Agar Leader mengenali apa inti kepemimpinan, beberapa hukum kepemimpinan, memilih gaya yang tepat untuk memimpin.
- Do & Don’t dalam pekerjaan seorang Leader.
- Leader adalah coach / pelatih anak buah. Cara Leader memberikan perintah menentukan keefektifan kepemimpinannya.
- Leader menegur & menyelesaikan masalah melalui counseling, menjaga agar motivasi terjaga.
- Agar Leader mengenali tipe kepribadian sendiri dan tipe anak buah, mengenali kekuatan & kelemahan setiap tipe, sehingga tahu cara menangani dan memotivasi sesuai dengan masing-masing tipe bawahan
Materi Training :
- Peran & Tanggung jawab Pemimpin.
- The Laws of Leadership.
- Situasional Leadership.
- Motivasi diri sendiri & anggota tim.
- Coaching Skill.
- Counselling Skill.
- Personality PLUS.
H. Human Resource Management "HRM" For Non-HR Manager
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 3 Days Work Shop / 24 Hours Effective.
- Line Manager.
Sasaran Training :
- Memahami konsep Human Resource dan kaitannya dengan Strategi perusahaan.
- Memahami kaitan HRM dengan fungsi yang Anda pimpin.
- Memahami dampak strategi HR perusahaan terhadap kinerja unit masing-masing.
- Memahami cara memaksimalkan kinerja karyawan melalui pendekatan HRM di unit masing-masing.
- Memiliki pengetahuan & keterampilan dalam Human Resources Management (Basic Concept, Philosophy of HR dan Best Practices) : Position Management, Employment Management, Performance Management, Career Management, Training & Development, Reward Management, Industrial Relation & Termination Management.
- Memahami & mampu menjalankan system HRM yang berlaku di perusahaan sesuai dengan wewenang & tanggung jawabnya sebagai line manager
Materi Training :
- Ground Role + Ice breaking.
- Kontrak belajar.
- Diskusi kelompok peran Line Manager sebagai HR Manager.
- HR Roles Profile & Stages of Development.
- Holistic view of HRM.
- Position Management.
- Employment Management.
- Performance Management.
- Career Management.
- Training & Development.
- Industrial Relation & Termination Management.
- Feedback, Coaching, & Counseling.
I. Competency-Based Human Resource Management "CBHRM"
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 2 Days Work Shop / 15 Hours Effective.
- Line Manager
Sasaran Training :
- Memahami pengertian Kompetensi.
- Mengidentifikasi teknik penyusunan Model Kompetensi.
- Memahami keterkaitan Kompetensi dengan Sistem Managemen Sumber Daya Manusia.
Materi Training :
- Introduksi dan sasaran program training.
- Bisnis & Pengelolaan Kompetensi.
- Kompetensi dalam kerangka pengelolaan SDM.
- Pengertian Model Kompetensi.
- Penyusunan Model Kompetensi (Value Driven).
- Identifikasi Kompetensi melalui BEI.
- Penyusunan Model Kompetensi (Job Driven).
- Penerapan CBHRM dalam Recruitment.
J. Effective Problem Solving "EPS"
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
Sasaran Training :
Materi Training :
Durasi Waktu & Sasaran Peserta :
- 2 Days Work Shop / 15 Hours Effective.
- Line Manager
Sasaran Training :
- Memahami peran dan tanggung jawab Leader.
- Agar Leader mengenali apa inti kepemimpinan, memilih gaya yang tepat untuk memimpin.
- Memahami prinsip dan konsep EPS.
- Mampu menggunakan metode Uji Kolerasi dengan pendekatan “Tempat kejadian Perkara (Genba)”.
- Mampu mengembangkan metode dan falsafah dasar EPS di tempat kerja.
- Membantu anggota untuk menyelesaikan problem secara efektif dan efisien walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda-beda.
Materi Training :
- Peran Dan Tanggung Jawab Leader.
- Gaya Kepemimpinan Leader.
- Teknik dasar Problem Solving.
- Orientasi berpikir Real Place.
- Teknik identifikasi keabnormalan (Problem) dan mengurangi Problem.
- Vital Point Review.
- Teknik investigasi akar penyebab.
- Temporary action dan permanent action.
- Implementasi EPS di tempat kerja.
Selain program training andalan di atas, Andes And Associates juga dapat menyusun kebutuhan program training sesuai dengan kebutuhan spesifik dari customer (Tailor Made).
Tahapan Perancangan Program In-House Training Customize
1. IDENTIFIKASI MASALAH
Melalui pendekatan indentifikasi masalah diharapkan pelatihan dapat menjawab masalah dan kebutuhan perusahaan. Masalah-masalah tersebut dapat dikenali melalui gejala-gejala seperti: Rendahnya efisiensi produksi, Rendahnya produktifitas, Penurunan Kualitas Produk, Menurunnya Motivasi Kerja, dll.
2. PENELITIAN KEBUTUHAN
Berdasarkan informasi masalah yang disampaikan oleh pihak perusahaan atau klien, Andes And Associates akan melakukan penelitian kebutuhan di lingkungan perusahaan klien: Tujuan Penelitian, Metode. Penelitian, Waktu Penelitian.
3. ANALISIS HASIL PENELITIAN
Menindaklanjuti hasil penelitian, tim professional Andes And Associates yang ditugaskan akan melakukan analisis hasil pengumpulan data. Untuk menjamin objektifitas dan ketajaman hasil analisis, maka Andes And Associates membuat kebijakan: Analisis dilakukan oleh tim yang terdiri dari dua orang staff atau lebih, Bila diperlukan, tim akan dianjurkan untuk meminta masukan tambahan dari perusahaan maupun staff lain.
4. PENYAMPAIAN USULAN PROGRAM
Usulan dalam bentuk laporan penelitian akan segera disampaikan kepada Klien sebanyak 2 (dua) set. Hal ini Andes And Associates lakukan agar Klien mempunyai waktu dan kesempatan untuk mempelajari hasil penelitian tersebut. Hal ini Andes And Associates anggap penting karena: Klien dapat memberikan umpan balik atas hasil laporan tersebut., Memungkinkan Klien mempersiapkan lebih awal tehnik pelaksanaannya.
5. PRESENTASI & DISKUSI
Andes & Associates sangat mengharapkan adanya kesempatan untuk menyajikan dan mendiskusikan laporan tersebut dengan pihak Klien. Kesempatan ini akan bermanfaat bagi Klien maupun Andes And Associates, karena: Klien akan mendapatkan gambaran yang lebih kongkrit dan rinci mengenai usulan, dan Andes And Associates mendapatkan masukanmasukan tambahan untuk menyempurnakan hasil laporan.
6. PELAKSANAAN PELATIHAN
Untuk menjamin terselenggaranya program pelatihan dengan baik diperlukan hal-hal sebagai berikut: Adanya seorang karyawan Klien yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh program dan membantu hubungan antara Tim trainer Andes And Associates dengan seluruh peserta. Tempat dan waktu penyelenggaraan hendaknya dipilih sehingga memungkinkan para peserta dapat berkonsentrasi secara penuh.
7. PENERAPAN
Program pelatihan sebaiknya sudah mempertimbangkan kemungkinan penerapannya bagi para peserta. Untuk itu diperlukan komitmen perusahaan guna memastikan dterapkannya hasil pelatihan. Andes And Associates dapat memfasilitasi mengembangkan dan melaksanakan pembinaan penerapan (implementasi) program tersebut
8. EVALUASI PENERAPAN
1. IDENTIFIKASI MASALAH
Melalui pendekatan indentifikasi masalah diharapkan pelatihan dapat menjawab masalah dan kebutuhan perusahaan. Masalah-masalah tersebut dapat dikenali melalui gejala-gejala seperti: Rendahnya efisiensi produksi, Rendahnya produktifitas, Penurunan Kualitas Produk, Menurunnya Motivasi Kerja, dll.
2. PENELITIAN KEBUTUHAN
Berdasarkan informasi masalah yang disampaikan oleh pihak perusahaan atau klien, Andes And Associates akan melakukan penelitian kebutuhan di lingkungan perusahaan klien: Tujuan Penelitian, Metode. Penelitian, Waktu Penelitian.
3. ANALISIS HASIL PENELITIAN
Menindaklanjuti hasil penelitian, tim professional Andes And Associates yang ditugaskan akan melakukan analisis hasil pengumpulan data. Untuk menjamin objektifitas dan ketajaman hasil analisis, maka Andes And Associates membuat kebijakan: Analisis dilakukan oleh tim yang terdiri dari dua orang staff atau lebih, Bila diperlukan, tim akan dianjurkan untuk meminta masukan tambahan dari perusahaan maupun staff lain.
4. PENYAMPAIAN USULAN PROGRAM
Usulan dalam bentuk laporan penelitian akan segera disampaikan kepada Klien sebanyak 2 (dua) set. Hal ini Andes And Associates lakukan agar Klien mempunyai waktu dan kesempatan untuk mempelajari hasil penelitian tersebut. Hal ini Andes And Associates anggap penting karena: Klien dapat memberikan umpan balik atas hasil laporan tersebut., Memungkinkan Klien mempersiapkan lebih awal tehnik pelaksanaannya.
5. PRESENTASI & DISKUSI
Andes & Associates sangat mengharapkan adanya kesempatan untuk menyajikan dan mendiskusikan laporan tersebut dengan pihak Klien. Kesempatan ini akan bermanfaat bagi Klien maupun Andes And Associates, karena: Klien akan mendapatkan gambaran yang lebih kongkrit dan rinci mengenai usulan, dan Andes And Associates mendapatkan masukanmasukan tambahan untuk menyempurnakan hasil laporan.
6. PELAKSANAAN PELATIHAN
Untuk menjamin terselenggaranya program pelatihan dengan baik diperlukan hal-hal sebagai berikut: Adanya seorang karyawan Klien yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh program dan membantu hubungan antara Tim trainer Andes And Associates dengan seluruh peserta. Tempat dan waktu penyelenggaraan hendaknya dipilih sehingga memungkinkan para peserta dapat berkonsentrasi secara penuh.
7. PENERAPAN
Program pelatihan sebaiknya sudah mempertimbangkan kemungkinan penerapannya bagi para peserta. Untuk itu diperlukan komitmen perusahaan guna memastikan dterapkannya hasil pelatihan. Andes And Associates dapat memfasilitasi mengembangkan dan melaksanakan pembinaan penerapan (implementasi) program tersebut
8. EVALUASI PENERAPAN
- Setelah selesai pelatihan diharapkan peserta dapat menerapkan apa yang diperoleh selama pelatihan ke tempat pekerjaan masing-masing.
- Untuk memberikan gambaran kepada pimpinan perusahaan tentang seberapa jauh hasil pelatihan dimanfaatkan oleh peserta dalam praktek pekerjaannya. maka disarankan untuk diadakannya evaluasi penerapan.
- Andes And Associates dapat membantu menyusun dan melaksanakan program evaluasipenerapan ini.