TRAINING & DEVELOPMENT

 

 

LAYANAN TRAINING & DEVELOPMENT

A. AKU PASTI BISA (Mencapai Kebahagiaan Dunia & Akhirat)

Durasi Waktu :
2 Days Work Shop (24 Hours Effective)

Sasaran Peserta :
All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down)

Sasaran Training :

  • Memiliki kemampuan mendengar yang Emphatic
  • Belajar focus dalam memperhatikan orang lain ketika berkomunikasi
  • Membangun rasa percaya diri yang “sesungguhnya” sehingga memiliki mental “seteguh batu karang”, siap menghadapi segala tantangan hidup dengan tetap berada dalam jalur kehidupan yang “benar” sehingga bisa mencapai sasaran hidup yang sesunggunya yaitu “Bahagia Dunia dan Akhirat” (Kecerdasan Spiritual)
  • Membangun cara berpikir positif dan rasa percaya diri dengan melihat kesuksesan yang pernah diraih
  • Membangun keyakinan bahwa semua kunci kesuksesan ada didalam diri sendiri
  • Membangun keinginan yang tinggi untuk selalu melakukan yang terbaik untuk segala aspek kehidupan (High Achiever)
  • Melatih Kecerdasan Emosi, melatih menyeimbangkan pengunaan otak kiri dan otak kanan (EQ/EI)
  • Mampu mengoptimalkan pengunaan bahasa tubuh & intonasi suara dalam efektifitas berkomunikasi
  • Mampu berkomunikasi secara tepat walaupun dalam kondisi / situasi yang terdesak (Fleksibilitas otak kiri dan otak kanan)
  • Mengerti hambatan-hambatan yang mungkin terjadi dalam berkomunikasi dan mampu mengenali serta memiliki kemampuan untuk mengatasinya
  • Memahami dan mempelajari prinsip-prinsip hubungan antar manusia
  • Muncul komitment yang tinggi untuk membangun dan meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama manusia dimanapun berada, sehingga team work dalam organisasi menjadi semakin optimal

Materi Training :

  • Ground Role + Ice breaking
  • Experiential Learning Concept
  • Kontrak belajar
  • Cara Berkenalan
  • Sikap Positif Menghasilkan Percaya Diri (Kecerdasan Spiritual)
  • Anda Adalah Pribadi Sukses Dan Berhasil
  • Kecerdasan Emosi (EQ/EI)
  • Intonasi Suara & Bahasa Tubuh
  • Komunikasi Spontan
  • Komunikasi Efektif
  • Hubungan Antar Manusia

 

B. Strive For Excellence (7 Habits of Highly Effective People)

Durasi Waktu :
3 Days Work Shop (24 Hours Effective)
Sasaran Peserta :
All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down)
Sasaran Training :

  • Membangun Culture Building yang kuat di Perusahaan.
  • Memahami cara menjadi pribadi yang Highly Effective.
  • Mampu menjadi seorang Leader yang kompeten.
  • Bisa menerapkan nilai-nilai Strive for Excellence
  • Menjadi Manusia yang berpikir Positif.
  • Mampu Membangun dan Mengembangkan Sikap Mental Positif & Produktif.
  • Memiliki Misi Pribadi yang jelas.
  • Memiliki Integritas terhadap Pribadi dan Perusahaan.
  • Dapat bekerja secara team/ Teamwork.
  • Mampu berkomunikasi/ berhubungan dengan orang lain secara lebih baik.

Materi Training :

  • Paradigm, Etika Kerja Produktif , Effectiveness, Emotional Bank Account.
  • Jadilah Proaktif (Be Proactive).
  • Mulailah dengan Sasaran (Begin With the End in Mind).
  • Mission Statement Workshop.
  • Dahulukan yang Harus Didahulukan/ Prioritas (Put First Things First).
  • Berpikir Menang-Menang (Think Win-Win).
  • Berusaha untuk Mengerti lebih Dahulu Baru Minta Dimengerti (Seek First to Understand then to be Understood)/ Communication.
  • Heart to Heart & Wujudkan Sinergi (Synergize).
  • Asahlah Gergaji (Sharpen the Saw).
  • Mission Statement Sharing.

 

C. People Management Development Program (PMDP)

Durasi Waktu :
2 Days Work Shop (20 Hours Effective)
Sasaran Peserta :
Supervisor, Manager, General Manager
Sasaran Training :

  • Agar Leader mengenali perannya sebagai Linking-Pin dan apa saja tugas-tugas utamanya sebagai seorang Leader
  • Agar Leader mengenali apa inti kepemimpinan, beberapa hukum kepemimpinan, memilih gaya yang tepat untuk memimpin.
  • Do & Don’t dalam pekerjaan seorang Leader.
  • Leader adalah coach / pelatih anak buah. Cara Leader memberikan perintah menentukan keefektifan kepemimpinannya
  • Leader menegur & menyelesaikan masalah melalui counselling, menjaga agar motivasi terjaga
  • Agar Leader mengenali tipe kepribadian sendiri dan tipe anak buah, mengenali kekuatan & kelemahan setiap tipe, sehingga tahu cara menangani dan memotivasi sesuai dengan masing-masing tipe bawahan

 

Materi Training :

  • Peran & Tanggug Jawab Seorang Pemimpin
  • The Laws Of Leadership
  • Situasional Leadership
  • Bagaimana memotivasi karyawan sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing
  • Coaching Skill
  • Counseling Skill
  • Personality Plus

 

D. Man Management

Durasi Waktu :
4 Days Work Shop (32 Hours Effective)
Sasaran Peserta :
Minimal Level Manager (Memiliki minimal 3 anak buah secara langsung dan telah
bekerja dengan peserta minimal 6 bulan)
Sasaran Training :

  1. Menumbuhkan kesadaran dan sikap mental tentang gaya Man Management
  2. Memahami perlunya membangun komitmen pada fase PLAN
  3. Memahami perlunya menjalankan mekanisme komunikasi serta arahan & bimbingan pada fase DO untuk menghindari penyimpangan yang semakin besar dari target.
  4. Memahami perlunya celebration untuk membangun motivasi pada fase CHECK
  5. Memahami perlunya partisipasi dalam memecahkan masalahsecara bersama dalam fase ACTION
  6. Membangun team yang solid dalam fase TEAM BUILDING

Materi Training :

  • Intoduction to Man Management
  • Case Study & Lembar Umpan Balik (LUB)
  • Fase : PLAN. LUB & analisa
  • Fase : DO , materi & Role Play
  • Fase : CHECK, LUB & analisa
  • Fase : ACTION, materi & diskusi
  • Fase : ACTION, LUB dan analisa
  • Fase : TEAM BUILDING, materi, LUB, & analisa
  • Total Analysis
  • Know Your Self

 

E. Feedback, Coaching, & Counseling

Durasi Waktu :
1 Days Work Shop (8 Hours Effective)
Sasaran Peserta :
Memiliki anak buah secara langsung
Sasaran Training :

  • Memiliki pemahaman yang benar tentang sistem manajemen kinerja yang berlaku di perusahaan
  • Peserta mengetahui teknik feedback, coaching & counseling
  • Peserta mampu menggunakan teknik feedback, coaching & counseling dengan efektif
  • Peserta mampu menempatkan coachee sesuai dengan teknik yang benar
  • Peserta mampu mengenali tingkat kematangan kompetensi anggota tim / bawahan dalam melakukan pekerjaan
  • Peserta mampu memberikan feedback, coaching & counseling yang tepat sesuai dengan tingkat kematangan kompetensi anggota tim / bawahan
  • Peserta mampu mengenali gaya komunikasi anggota tim / bawahan
  • Peserta mampu memberikan feedback, coaching & counseling yang tepat sesuai dengan gaya komunikasi anggota tim / bawahan

Materi Training :

  • Ground Role + Ice breaking
  • Sistem manajemen kinerja perusahaan
  • Peran & Tanggung Jawab atasan
  • Apakah coaching itu ?
  • Kapan coaching diberikan
  • Tahapan-tahapan coaching
  • Apakah Feedback itu ?
  • Apakah counseling itu ?
  • Kapan counseling diberikan
  • Tahapan-tahapan counseling
  • Situational Leadership
  • Memahami gaya komunikasi bawahan dengan metoda V-A-K

 

F. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal & Motivasi Berprestasi

Durasi Waktu :
1 Days Work Shop (8 Hours Effective)
Sasaran Peserta :
All Level (Idealnya dimulai dari Level Up to down)

Sasaran Training :

  • Peserta dapat lebih mengenal diri sendiri
  • Peserta dapat lebih mengenal dan memahami orang lain
  • Peserta lebih mampu mengekspresikan diri
  • Peserta lebih mampu menegaskan kebutuhan
  • Peserta lebih mampu memberikan dan menerima masukan
  • Peserta lebih mampu mendengarkan pembicaraan dengan orang lain
  • Peserta mengetahui motif-motif yang melatarbelakangi munculnya perilaku manusia
  • Peserta mendapatkan feedback motif apa yang dominan di dalam dirinya
  • Peserta mendapatkan feedback motif yang dominan yang melatarbelakangi perilakunya selama ini
  • Peserta mengerti bagaimana cari meningkatkan motif yang masih kurang & menekan motif yang terlalu berlebihan sehingga hidupnya bisa lebih berprestasi serta tetap diterima secara menyenangkan oleh orang-orang sekitarnya

Materi Training :

  • Ground Role + Ice breaking + questioner
  • Keterampilan Intrapersonal
  • Mengenal diri sendiri
  • Joharry Window
  • Assertiveness
  • Menerima & memberi feedback
  • Mendengarkan secara Effective
  • Pembahasan hasil questioner
  • Ice breaking + questioner motivasi
  • Game Motivasi
  • Hierarchy Need A. Maslow
  • Social Motive dari Mc. Cleland
  • Pembahasan hasil questioner & game motivasi
  • Meningkatkan Motivasi Berprestasi

Selain program training andalan di atas, Andes And Associates juga dapat menyusun kebutuhan program training sesuai dengan kebutuhan spesifik dari customer (Tailor Made).

Tahapan Perancangan Program In-House Training Customize

1. IDENTIFIKASI MASALAH
Melalui pendekatan indentifikasi masalah diharapkan pelatihan dapat menjawab masalah dan kebutuhan perusahaan. Masalah-masalah tersebut dapat dikenali melalui gejala-gejala seperti: Rendahnya efisiensi produksi, Rendahnya produktifitas, Penurunan Kualitas Produk, Menurunnya Motivasi Kerja, dll.

2. PENELITIAN KEBUTUHAN
Berdasarkan informasi masalah yang disampaikan oleh pihak perusahaan atau klien, Andes And Associates akan melakukan penelitian kebutuhan di lingkungan perusahaan klien: Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Waktu Penelitian,

3. ANALISIS HASIL PENELITIAN
Menindaklanjuti hasil penelitian, tim professional Andes And Associates yang ditugaskan akan melakukan analisis hasil pengumpulan data. Untuk menjamin objektifitas dan ketajaman hasil analisis, maka Andes And Associates membuat kebijakan: Analisis dilakukan oleh tim yang terdiri dari dua orang staff atau lebih, Bila diperlukan, tim akan dianjurkan untuk meminta masukan tambahan dari perusahaan maupun staff lain

4. PENYAMPAIAN USULAN PROGRAM
Usulan dalam bentuk laporan penelitian akan segera disampaikan kepada Klien sebanyak 2 (dua) set. Hal ini Andes And Associates lakukan agar Klien mempunyai waktu dan kesempatan untuk mempelajari hasil penelitian tersebut. Hal ini Andes And Associates anggap penting karena: Klien dapat memberikan umpan balik atas hasil laporan tersebut., Memungkinkan Klien mempersiapkan lebih awal tehnik pelaksanaannya.

5. PRESENTASI & DISKUSI
Andes & Associates sangat mengharapkan adanya kesempatan untuk menyajikan dan mendiskusikan laporan tersebut dengan pihak Klien. Kesempatan ini akan bermanfaat bagi Klien maupun Andes And Associates, karena: Klien akan mendapatkan gambaran yang lebih kongkrit dan rinci mengenai usulan, dan Andes And Associates mendapatkan masukan-masukan tambahan untuk menyempurnakan hasil laporan

6. PELAKSANAAN PELATIHAN
Untuk menjamin terselenggaranya program pelatihan dengan baik diperlukan hal-hal sebagai berikut: Adanya seorang karyawan Klien yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas terselenggaranya seluruh program dan membantu hubungan antara Tim trainer Andes And Associates dengan seluruh peserta. Tempat dan waktu penyelenggaraan hendaknya dipilih sehingga memungkinkan para peserta dapat berkonsentrasi secara penuh

7. PENERAPAN
Program pelatihan sebaiknya sudah mempertimbangkan kemungkinan penerapannya bagi para peserta. Untuk itu diperlukan komitmen perusahaan guna memastikan dterapkannya hasil pelatihan. Andes And Associates dapat memfasilitasi mengembangkan dan melaksanakan pembinaan penerapan (implementasi) program tersebut

8. EVALUASI PENERAPAN

  • Setelah selesai pelatihan diharapkan peserta dapat menerapkan apa yang diperoleh selama pelatihan ke tempat pekerjaan masing-masing
  • Untuk memberikan gambaran kepada pimpinan perusahaan tentang seberapa jauh hasil pelatihan dimanfaatkan oleh peserta dalam praktek pekerjaannya, maka disarankan untuk diadakannya evaluasi penerapan
  • Andes And Associates dapat membantu menyusun dan melaksanakan program evaluasipenerapan ini.
Home TRAINING & DEVELOPMENT
PT Bina Bangkit Kreasi
© ANDES AND ASSOCIATES